[TUGAS 1] Pengertian Organisasi Dan Manajemen

                                           PENGERTIAN  ORGANISASI & MANAJEMEN

ORGANISASI
- Pengertian
     Organisasi adalah sekelompok orang (dua atau lebih) yang secara formal dipersatukan dalam suatu kerjasama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

MANAJEMEN
- Pengertian 
    Dalam mengartikan dan mendefinisikan manajemen ada berbagai ragam, ada yang mengartikan dengan ketatalaksanaan, manajemen, manajemen pengurusan dan lain se- bagainya. Bila dilihat dari literatur-literatur yang ada, pengertian manajemen dapat dilihat dari tiga pengertian:
1. manajemen sebagai suatu proses.
2. manajemen sebagai suatu kolektivitas manusia
3. manajemen sebagai ilmu (science) dan sebagai seni (art).
Fungsi-Fungsi Manajemen

*George Terry
- Perencanaan (Planning).
- Pengorganisasian (Organizing).
- Penggerakan (Actuating).
- Pengawasan (Controlling).

*Henry Fayol
            - Perencanaan (Planning).
- Mengorganisir (Organizing).
- Memerintah (Commanding).
- Mengkoordinir (Coordinating).
- Mengawasi (Controlling).

*Luther M. Gulick
- Perencanaan (Planning).
- Mengorganisir (Organizing).
- Melengkapkan Tenaga Kerja (Staffing).
- Mengarahkan (Directing).
- Menyelaras/Mengkoordinir (Coordinating).
- Melaporkan (Reporting).
- Menyusun Anggaran (Budgeting).

*Ernest Dale
- Planning.                                          
- Organizing.              
- Staffing.       
- Innovating.
- Respresenting.
- Controlling.
- Directing.





sumber : http://www.ilmumanajemen.com/index.php?option=com_content&view=article
                  http://www.anakciremai.com/2008/05/makalah-manajemen-tentang-pengertian.html

About this entry

Related Post