[TULISAN 2] Pengembangan Organisasi

Pengembangan Organisasi

Pengembangan Organisasi

Organisasi yang kita jalankan tentu akan mengalami perkembangan, nah dalam perkembangan itu kita memerlukan ilmu agar dapat menjalankannya dengan baik.

Tujuan Organisasi adalah target kea rah mana sistem manajemen terbuka diarahkan. Arti penting tujuan organisasi adalah sebagai berikut:
1. Pembuatan Keputusan
2. Efisiensi Organisasi
3. Konsistensi Organisasi
4. Evaluasi Kinerja

Tipe tujuan organisasi terdiri dari, tujuan organisasi dan tujuan individu. Tujuan organisasional adalah target resmi dari organisasi dan ditetapkan untuk membantu organisasi mencapai maksudnya.. Tujuan Individu adalah tujuan pribadi yang ingin dicapai oleh setiap anggota organisasi sebagai hasil aktivitasnya dalam organisasi.

Bidang-bidang tujuan organisasi::
1. Bekerja dengan tujuan organisasi
2. Penentuan tujuan organisasi
3. Pngembangan hierarki tujuan

Sasaran pengembangan organisasi
Atas dasar asumsi asumsi diatas, proses pengembangan organisasi diterapkan dengan sasaran :
  1. Hubungan yang lebih efektif antara departemen , divisi dan kelompok kelompok kerja dalam organisasi
  2. Hubungan pribadi yang lebih efektif antara manajer dan karyawan pada semaua jenjang organisasi
  3. Terhapusnya hambatan hambatan komunikasi antara pribadi dan kelompok
  4. Berkembangnya iklim yang ditandai dengan saling percaya, dan keterbukaan yang dapat memotivasi serta menantang anggota organisasi untuk lebih berprestasi
Tahap tahap Penerapan pengembangan organisasi
Dalam menerapkan pengembangan organisasi, organisasi memerlukan konsultan yang ahli dalam bidang perilaku dan pengembangan organisasi. Konsultan tersebut bersifat sebagai agen pembaruan (agent of change), dan fungsi utamanya adalah membantu warga organisasi menghadapi perubahan, melalui teknik teknik pengembangan organisasi yang sesuai dengan kebutuhan organisasi tersebut. Proses penerapan pengembangan organisasi dilakukan dalam empat tahap :
1. Tahap pengamatan sistem manajemen atau tahap pengumpulan data. Dalam tahap ini konsultan mengamati sistem dan prosedur yang berlaku di organisasi termasuk elemen elemen di dalamnya seperti struktur, manusianya, peralatan, bahan bahan yang digunakan dan bahkan situasi keuangannya. Data utama yang diperlukan adalah :
  • Fungsi utama tiap unit organisasi
  • Peran masing masing unit dalam mencapai tujuan dan sasaran organisasi
  • Proses pengambilan keputusan serta pelaksanaan tindakan dalam masing masing unit
  • Kekuatan dalam organisasi yang mempengaruhi perilaku antar – kelompok dan antar individu dalam organisasi
 sumber : http://halima1809.blogspot.com/2011/11/pengembangan-organisasi.html

About this entry

Related Post