Grafik Komputer & Pengolahan Citra (OpenGL)
Pada postingan kali ini saya akan membahas tentang OpenGL sebelumnya sudah tau tentang OpenGL ?saya akan menjelaskan tentang OpenGL
OpenGL adalah suatu perangkat pembuat grafis standard yang digunakan untuk keperluan –keperluan pemrograman grafis. OpenGL bersifat opensource, multi-platform dan multi language. Saat ini semua bahasa pemrograman mendukung OpenGL. Dan OpenGL bisa bekerja dalam lingkungan Windows, Unix, SGI, Linux, freeBSD . Library dasar dari OpenGL adalah GLUT, dengan fasilitas yang bisa dikembangkan. Untuk OS Windows,library ini terdiri dari 3 files yaitu :
1. Glut.h
2. Glut32.lib
3. Glut32.dll
Menginstal header DevC++ berikut adalah langkahnya :
1. Masuk kedalam DevC++
2. Klik Menu tools > pilih Package manager seperti gambar dibawah ini:
3. klik install seperti gambar dibawah:
Kemudian klik Multimedia kemudian klik OpenGL lalu klik C++Project setelah itu beri nama Projectnya
Maka akan muncul tempat masukan kodingannya
Coding garis vertical
Maka akan muncul tempat masukan kodingannya
glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
glPushMatrix ();
glClearColor(1,1,1,0);
glColor3f(1,1,1); //
glBegin(GL_LINES);
glVertex3f(0.10,10.0,13.13);
glVertex3f(0,0,0.0);
glEnd ();
glPopMatrix ();
SwapBuffers (hDC);
Sleep (1);
}
}
coding garis horizontal
glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
glPushMatrix();
glClearColor(1,1,1,0);
glColor3f(1,1,1);
glBegin(GL_LINES);
glColor3f(0.0f, 0.0f, 1.0f);
glVertex3f(-0.6f, 0.0f, 0.0f);
glColor3f(0.0f, 0.0f, 1.0f);
glVertex3f(0.6f, 0.0f, 0.0f);
glEnd();
glPopMatrix();
SwapBuffers (hDC);
Sleep (1);
}
}
coding garis diagonal
glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
glPushMatrix ();
glClearColor(1,1,1,0);
glColor3f(1,1,1);
glBegin(GL_LINES);
glVertex3f(0,0,-0.8);
glVertex3f(9.9,8.9,0.1);
glEnd ();
glPopMatrix ();
SwapBuffers (hDC);
Sleep (1);
}
}
maka outputnya
garis vertikal
garis horizontal
garis diagonal
penjelasan mengenai kodingannya :
glClearColor(0.0f,0.0f,0.0f,0.0f); [berfungsi memilih warna yang digunakan,membersihkan latar dalam mode RGBA]
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT); [berfungsi membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam]
glPushMatrix(); [berfungsi baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]
glClearColor(1,1,1,0); [berfungsi menentukan warna garis /titik)
glColor3f(1,1,1); [berfungsi menentukan warna garis/titik)
glBegin(GL_LINES); [berfungsi menggambarkan garis dari titik yang digunakan]
glVertex3f(0.10,10.0,13.13); [berfungsi menentukan titik awal yang digunakan]
glVertex3f(0,0,0.0); [berfungsi menentukan titik akhir yang digunakan]
glEnd(); [berfungsi mengakhiri gambar garis dititik akhir]
glPopMatrix(); [berfungsi membuat garis kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]
SwapBuffers(Hdc); [berfungsi menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar]
Sleep(1);
About this entry
Anda sedang membaca Grafik Komputer & Pengolahan Citra (OpenGL).
Penulis : Hasto Pramu Dewanto- Diterbitkan :
- di 07.31 on Senin, 29 Oktober 2012
- Kategori:
- Tulisan
- Tulisan Sebelumnya:
- Posting Lama
- Tulisan Selanjutnya:
- Posting Lebih Baru
1 komentar:
kita juga punya nih artikel mengenai 'OpenGL', silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/2293/1/Differences%20Of%20Cube%20Mapping%20and%20Dynamic%20Cube%20Mapping.pdf
terimakasih
Posting Komentar