Grafik Komputer & Pengolahan Citra (OpenGL)

    Pada postingan kali ini saya akan membahas tentang OpenGL sebelumnya sudah tau tentang OpenGL ?saya akan menjelaskan tentang OpenGL 

  OpenGL adalah suatu perangkat pembuat grafis standard yang digunakan untuk keperluan –keperluan pemrograman grafis. OpenGL bersifat opensource, multi-platform dan multi language. Saat ini semua bahasa pemrograman mendukung OpenGL. Dan OpenGL bisa bekerja dalam lingkungan Windows, Unix, SGI, Linux, freeBSD . Library dasar dari OpenGL adalah GLUT, dengan fasilitas yang bisa dikembangkan. Untuk OS Windows,library ini terdiri dari 3 files yaitu :
1. Glut.h
2. Glut32.lib
3. Glut32.dll

  Menginstal header DevC++ berikut adalah langkahnya :
1.  Masuk kedalam DevC++
2.  Klik Menu tools > pilih Package manager seperti gambar dibawah ini:
 
3.  klik install seperti gambar dibawah:
 
Kemudian klik Multimedia kemudian klik OpenGL lalu klik C++Project setelah itu beri nama Projectnya


Maka akan muncul tempat masukan kodingannya



Coding garis vertical

Maka akan muncul tempat masukan kodingannya
glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
            glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
            glPushMatrix ();             
            glClearColor(1,1,1,0);     
            glColor3f(1,1,1); //         
            glBegin(GL_LINES);                
            glVertex3f(0.10,10.0,13.13);  
            glVertex3f(0,0,0.0);                 
            glEnd ();             
            glPopMatrix (); 
            SwapBuffers (hDC);
            Sleep (1);
         }
}

coding garis horizontal

glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
          glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
          glPushMatrix();  
          glClearColor(1,1,1,0);  
          glColor3f(1,1,1);
          glBegin(GL_LINES); 
          glColor3f(0.0f, 0.0f, 1.0f);
          glVertex3f(-0.6f, 0.0f, 0.0f);   
          glColor3f(0.0f, 0.0f, 1.0f);        
          glVertex3f(0.6f, 0.0f, 0.0f);     
          glEnd(); 
          glPopMatrix(); 
          SwapBuffers (hDC);
          Sleep (1);
           }
 }

coding garis diagonal


glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);  
         glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
         glPushMatrix ();           
         glClearColor(1,1,1,0); 
         glColor3f(1,1,1); 
         glBegin(GL_LINES);
         glVertex3f(0,0,-0.8);        
         glVertex3f(9.9,8.9,0.1);  
         glEnd ();              
         glPopMatrix ();
         SwapBuffers (hDC);
         Sleep (1);
        }
 }

maka outputnya
garis vertikal
garis horizontal
garis diagonal

penjelasan mengenai kodingannya :

glClearColor(0.0f,0.0f,0.0f,0.0f); [berfungsi memilih warna yang digunakan,membersihkan latar dalam  mode RGBA]
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT); [berfungsi membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam]
glPushMatrix(); [berfungsi baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]
glClearColor(1,1,1,0); [berfungsi menentukan warna garis /titik)
glColor3f(1,1,1); [berfungsi menentukan warna garis/titik)
glBegin(GL_LINES); [berfungsi menggambarkan garis dari titik yang digunakan]
glVertex3f(0.10,10.0,13.13); [berfungsi menentukan titik awal yang digunakan]
glVertex3f(0,0,0.0); [berfungsi menentukan titik akhir yang digunakan]
glEnd(); [berfungsi mengakhiri gambar garis dititik akhir]
glPopMatrix(); [berfungsi membuat garis kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]
SwapBuffers(Hdc); [berfungsi menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar]
Sleep(1);


About this entry

Related Post